SIMANDES OpenSID : adalah Sebuah Sistem Informasi Desa yang dikembangkan oleh Komunitas untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan Perangkat Desa kepada Masyarakat.
Pengertian Sistem Informasi Desa
Dalam konteks OpenSID, yang dimaksud dengan Sistem Informasi Desa adalah proses dan aplikasi yang:
Berbasis komputer
Mengelola informasi kantor desa
Mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset, pengelolaan anggaran, layanan publik, dsbnya
Dengan pengertian ini, jenis aplikasi yang tercakup dalam “Sistem Informasi Desa” suatu desa bisa saja lebih dari satu: misalnya OpenSID untuk pengelolaan data kependudukan, SISKEUDES untuk mengelola keuangan desa, aplikasi lain untuk mengelola BUMDes, dsbnya.
Peran dan Manfaat SID
Berikut ini dijelaskan secara singkat beberapa manfaat SID menurut pengertian di atas (tidak terbatas pada fitur yang ada di OpenSID saja).
Kantor desa lebih efisien
Misalnya, dengan memakai OpenSID, kantor desa dapat menyediakan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Dengan OpenSID, data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat yang bisa dicetak langsung.
Kantor desa lebih efektif
Sebagai contoh, karena SID menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor desa dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran. Ini berbeda dengan proses serupa tanpa SID, di mana sering dilakukan penentuan sasaran program secara kira-kira dan tidak berbasis data.
Pemerintah desa lebih transparan
Dengan SID, pemerintah desa dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga. Misalnya, kantor desa dapat memakai SID untuk mengelola informasi perencanaan pengembangan desa dan menampilkan informasi tersebut pada berbagai media, seperti di web desa, papan pengumuman dsbnya.
Pemerintah desa lebih akuntabel
Dengan adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana desa dsbnya di dalam SID yang mudah diakses warga, pemerintah desa akan dituntut untuk lebih akuntabel. Kantor desa akan mempunyai kesempatan untuk secara lebih mudah membuat laporan pertanggung-jawaban kegiatan, penggunaan dana desa dsbnya.
Layanan publik lebih baik
Seperti disebut di atas, dengan SID kantor desa akan lebih efisien dan lebih efektif dalam melakukan fungsi dan tugas mereka. Karena salah satu tugas utama kantor desa adalah memberi layanan publik, fungsi ini pun akan lebih baik. Contoh sederhana yang diberikan di atas, warga akan bisa memperoleh surat keterangan yang mereka butuhkan secara lebih cepat dan dengan data yang lebih akurat.
Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa
Dengan SID, informasi kependudukan, perencanaan, asset, anggaran dsbnya akan terrekam secara elektronik. Semua informasi tersebut mempunyai potensi untuk lebih mudah diakses oleh warga. Kantor desa mempunyai kesempatan untuk menyediakan fasilitas bagi warga untuk mengakses informasi desa dengan mudah, misalnya dengan menerbitkan informasi desa di web desa. Karena tahu data itu ada, warga juga mempunyai kesempatan untuk menuntut kantor desa untuk menyediakan akses pada informasi yang mereka butuhkan.
Warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa
Ketersediaan data dan informasi desa yang mudah diakses akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa. Warga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desa. Lebih dari itu, SID juga mempunyai potensi untuk menyediakan media elektronik untuk menggalang partisipasi warga, seperti forum diskusi atau formulir komentar/usulan elektronik.
SID diharapkan dapat membantu pemerintah desa dalam beberapa hal berikut:
Kantor Desa lebih efisien dan efektif
Kantor Kecamatan Dapat melihat gambaran data yang diinput ope desa hingga monitoringnya lebih efisien dan efektif
Pemerintah Desa lebih transparan dan akuntabel
Layanan Publik lebih baik
Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa
Mudah dalam membuat laporan jumlah penduduk, kepemilikan KTP dan KK, DLL. Cukup menekan satu tombol dan akan mendapatkan laporan yang anda butuhkan.
Fitur ini akan membantu anda dan memudahkan anda dalam melakukan olah data keluarga. Pengelompokan keluarga dan pendataan keluarga yang mendapatkan program dari pemerintah akan lebih mudah dipantau.
Dalam pengolahan data penduduk tentu ada beberapa pengelompokan seperti jenis pendidikan, pekerjaan, usia, DLL. OpenSID akan memudahkan anda dalam membuat laporan pengelompokan penduduk tersebut.
Tidak perlu lagi membuat surat di Ms Word, karena dengan fitur ini anda akan dengan mudah membuat surat yang di butuhkan warga hanya dengan satu kali klik andapun bisa mendapatkan surat yang anda butuhkan.
==========
Lanjutkan Membaca Info Ini Secara Menyeluruh - Agar Tidak Gagal Faham - Jika Anda Ingin Membutuhkan Informasi Lengkap Lainnya Dengan Cepat - Silahkan Langsung Menghubungi Manajer Tim Kami.